DOKUMENTASI MOVIE

Loading...

Sabtu, 27 Desember 2008

Ethanol berbahan batang sweet sorghum.



Sweet sorgum (jagung cantel) varitas tertentu selain menghasilkan biji (sebagai bahan pangan) batangnya juga mengandung gula relative tinggi, tanaman sudah dapat dipanen pada umur 90 sd 110 hari ,tahun 2006 kami coba varitas lokal tanpa identitas berbiji warna putih dan merah tua ternyata batangnya sama dengan batang jagung (tidak mengandung gula), tahun 2008 kami dapat kiriman bibit dari BPPT Lampung, dua varitas yaitu sorgum berbiji putih dan berbiji merah tua dan setelah diuji tanam pada umur 90 hari batangnya sudah menunjukkan adanya kadar gula yang relative tinggi, terukur untuk sorgum biji putih dengan brix 12 dan sorgum biji merah dengan brix 16-17, dibanding tanaman tebu pada umur 3 bulan ruas pertama paling bawah saja belum muncul, sementara tanaman sorghum sudah dapat dipanen, hal ini memberikan rasa optimism bahwa sweet sorghum layak di kaji dan segera dikembangkan.

Tahun 1979 BP3G Pasuruhan (sekarang P3GI) mendatangkan sorgum varitas Rio, Rama dan Ramada dari Sugar Crops Field Station Missisipi ditanam dan diamati di kebun karantina pulau Puteran Madura, penelitian tanaman sampai uji proses membuat syrup , gula putih dan gula merah dari batangnya dan juga uji fermentasi untuk ethanol.
Tiga tahun berturutan thn 94/95 -95/96 dan 96/97 PT Ajinomoto menguji tanam sweet sorghum di Madura di kawasan kering pada musim hujan, tiga varitas diuji coba Wray, Keller dan Rio dan didapat kandungan gula dalam batang sorghum rata rata >10%, dengan single step dry crushing extraksi 50% dan multiple step crushing with imbibisi extraksi 75%.
Tahun 1997 PTPN XI merencanakan bekerja sama dengan LP3M (Lembaga Penelitian Peningkatan dan Pengembangan Madura) merencanakan pengembangan swet sorghum ( Rio, Keller dan Katengu) di kab Sumenep dan Pamekasan tetapi belum ada kelanjutannya.
Beberapa Negara yang juga intens mengembangkan sweet sorgum adalah India, Thailand dan Zambia.

2 komentar:

  1. Ass wr
    Yth Mas Slamet Sulaiman
    Meski pertanyaan saya di "kolom pabrik gula mini" belum jenengan jawab. Boleh ya Mas, saya masuk memberi komentar dan saran di kolom sorgum ini? Bila jenengan berkenan, saran saya seyogianya berkunjung ke daerah Indramayu. Saat ini perhutani dan sebuah pesanten menanam sorgum manis cukup luas (> 300 ha). Teman dari Pasadena Indonesia, saat ini sedang pasang pabrik bioetanol yang direncanakan berbahan baku sorgum manis
    Matur suwun

    Wass
    www.roy-hendroko.com

    BalasHapus
  2. mas.Roy..Salam kenal..
    kalo ada info penting & membangun boleh lah aku ikut di ajak supaya bs maju... & bangun negara ini & dapat mencerdaskan rakyatnya.... aku tunggu kabarmu yo.. suwun

    Wass
    dion

    BalasHapus