Gasifikasi
untuk mesin diesel.
KELISTRIKAN DI
REMOTE AREA.
Indonesia raya bukan hanya pulau Jawa dan pulau pulau
besar lainnya , yang kelistrikannya sudah dilayani oleh PLN tetapi juga banyak
kawasan kawasan terpencil maupun pulau pulau kecil lainnya yang pelayanan
listriknya masih sangat memprihatinkan. Dibangun PLTU juga belum tentu layak ,
PLTA belum tentu tersedia debit air yg cukup, geo thermal juga belum tentu ,
alternatifnya saat ini dipenuhi dengan diesel generator, alternative yang
mungkin diterapkan untuk menekan harga listrik baik diusahakan oleh perusahaan
kelistrikan maupun akan diusahakan swa daya adalah menerapkan biomas gasifier
untuk diesel generator
Hambatan
aplikasi.
Salah
satu penghambat aplikasi syntetic gas hasil biomas gasifier untuk aplikasi
internal combustion engine ( diesel engine) adalah adanya kandungan partikel,
tar dll, diatas standart quality syntetic gas untuk IC engine, komposisi syntetic gas yang dihasilkan dari berbagai macam biomas
pasti akan bervariasi, raw gas yang dihasilkan seperti ilustrasi dibawah ini.
Kandungan tar akan lebih rendah apabila feed stock
yang digunakan adalah charcoal biomas ( arang biomas), untuk mendapatkan
charcoal biomas perlu proses charcoaling (pengarangan) dan tidak semua biomass
ideal untuk diarangkan,pemilihan biomas sebagai feed stock langsung maupun
arang biomass dengan berbagai pertimbangan antara lain :
Terlihat
betapa kandungan partikel , tar dll yang masih relatif tinggi dibandingkan
dengan kebutuhan syntetic gas yang ideal untuk internal combustioan engine, sehingga
raw syntetic gas mutlak harus dilakukan pembersihan ( Gas clean up), agar
mendekati quality yang diperlukan untuk power generator baik internal
combustion engine maupun gas turbine
Referensi gas
cleaning.
Beberapa
methode untuk mereduksi partikel dan tar sebagai bahan rujukan untuk menentukan
pilihan methode yang akan di aplikasikan sebagai tabel dibawah ini.
Tar
removal dengan venturi water scruber akan mereduksi tar cukup tinggi 50-90% ,
sedangkan untuk partikel reduktion meskipun sand bed filter cukup ideal agak
susah aplikasinya, filter lebih aplikatif.
Tabel
dibawah ini sebagai rujukan operating kondition dan effisiensi dari sistem pengurangan partikel dalam kandungan syntetic
gas. Cyclone akan sangat aplikatif.
UJI
SYNTETIC GAS CLEAN UP.
Berdasar
rujukan diatas dilakukan uji gas clean up hasil biomas gasifier dengan
rangkaian sbb:
1. Reaktor dengan dual mode artinya
bisa diaplikasikan langsung dengan biomas feedstock untuk menghasilkan raw synthetic
gas yang selanjutnya di alirkan melalui system gas clean up sebelum di
injeksikan ke mesin diesel atau reactor dapat digunakan untuk proses
charcoaling (pengarangan) dimana akan didapatkan raw synthetic gas yang dapat
diaplikasikan untuk thermal energy dengan by produk berupa arang yang akan
digunakan untuk feedstock gasifier dengan menghasilkan synthetic gas yang hamper
terbebas dari tar.
Pada proses pengarangan akan
didapatkan synthetic gas yang dapat diaplikasikan sebagai sumber panas (thermal
apl;ication) untuk industry kecil dan didapat by produk berupa arang hasil
pirolisis dengan moisture content < 1% dan sangat ideal untuk feed stock diesel
engine gasifier (foto koleksi pribadi)
FEED STOCK IDEAL:
Cangkang sawit adalah salah satu feed stock yang ideal, selalu tersedia karena merupakan by produk dari pabrik kelapa
sawit, partikel yang relative seragam, moisture content yang seragam (karena
sebelum dilakukan proses nut cracker , nut dikeringkan dalam nut silo), calorific
value tinggi, harga murah, feed stock ini dapat digunakan langsung maupun
melalui proses pengarangan.
Foto cangkang sawit dan arang
cangkang sawit (koleksi pribadi)
1. Rangkaian gas clean up terdiri
dari:
A Cyclone mereduksi
partikel > 5 mikron sd 80% dan pada temperature sekitar 200 celsius.
B. .Syntetic
gas cooler model shell and tube untuk mengkondensasikan moisture dalam syntetic
gas yang akan terkondensasi menjadi liquid smoke, tujuan kondensasi syntetic
gas juga mereduksi kandungan tar yang terikut dalam liquid smoke. Liquid smoke
yang terkumpul dimanfaatkan untuk keperluan lain dan tidak dihamburkan ke
lingkungan
C Syntetic
gas washing dimana syntetic gas dari gas cooler di alirkan melewati air (water
washing) , sehingga sisa tar dan partikel sebagian besar akan terserap di air dan synthetic gas selanjutnya
dialirkan melalui minyak solar atau bekas sehingga kalau masih ada sisa
partikel dan tar masih bisa direduksi.
Gas washing adalah penyederhaan dari liquid venture scrubber
yang aplikasinya memerlukan beberapa peralatan tambahan sedangkan dengan gas
washing gas cukup dialirkan melalui bagian bawah closed liquid pond dan gas
akan mengalir menembus liquid tersebut
.
D. Perlakuan terakhir adalah synthetic gas dialirkan
melalui fabric filter sebelum masuk ke diesel engine untuk mereduksi sisa sisa
partikel yang kemungkinan masih terikut
UJI GASIFIKASI UNTUK POMPA AIR DIESEL.
UJI BIOMAS
GASIFIER UNTUK DIESEL GENSET 20 KW – PLN TUAL
(complete
with water and oil gas washing)
Foto koleksi pribadi
Resume:
Pasti belum sempurna tetapi sudah layak untuk di
aplikasikan untuk kawasan kawasan remote area, pulau pulau terpencil maupun
daerah daerah terpencil.baik sebagai sumber energy maupun kelistrikan.
Hasil uji menunjukkan konsumsi solar yang dapat di
subtitusi dengan synthetic gas dalam kisaran 65-70%, masih menggunakan minyak
solar sebagai balancing.